MOTIVASI KERJA, KREATIVITAS TERHADAP KINERJA GURU SMA KRISTEN DI KOTA MANADO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Motivasi kerja, kreativitas dan kinerja guru SMA Kristen dikota Manado. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif. Adapun Kontribusi secara simultan variabel X1 dan X2 terjadap Y = R2 x 100% = (0,841)2 x 100 % = 70,80%. Artinya, motivasi kerja dan kreativitas secara simultan (bersama-sama) memberikan kontribusi sebesar 70,80% terhadap kinerja guru, sedangkan sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Motivasi kerja, kreativitas, Kinerja guru
Abstract
This study aims to find out how work motivation, creativity and performance of Christian high school teachers in the city of Manado. The research method used is a quantitative method. The simultaneous contribution of variables X1 and X2 to Y = R2 x 100% = (0.841)2 x 100% = 70.80%. That is, work motivation and creativity simultaneously (together) contribute 70.80% to teacher performance, while the rest is determined by other variables not examined in this study.
Keywords: Work motivation, creativity, teacher performance
Full Text:
PDFReferences
Daftar pustaka.
Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Amien, M. 1980. Peranan Kreativitas dalam Pendidikan. Analisis Pendidikan No. 3.
Anaroga Pandji, 2006. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta
Asmani Ma’mur Jamal, 2009. 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional, Yogyakarta: Power Book (IH DINA)
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Danim, Sudarwan dan Suparno, 2009. Manajemen Dan Kepemimpinan Transformasional Kepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.
______________, 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
¬¬¬¬¬¬_______________, 2002. Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Gibbson, dkk. 1992. Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur dan Proses. Jakarta: Erlangga.
Gray, L.R. 1987. Educational Research Competencies for Analysis and Application. Colombus: A Bell and Company.
Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia
Hasibuan, M. S. P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan, M. S. P. 2009. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Indrakusuma, A. D. 1985, Motivasi, dan Keefektifan Kerja. FIP IKIP Bandung.
Kambey, Daniel C. 2006. Landasan Teori Administrasi Manajemen Sebuah Intisari Manado, Manado: Yayasan Tri Ganesha Nusantara.
King, Patricia. 1993. Performance, Planning and Apraisal. New York: McGraw-Hill.
Lalompoh, C.T. 1987. Intensitas Kegiatan Kepemimpinan dan Tingkat Keterlibatan Petani dalam Kelompok Mapalus dihubungkan dengan Kreativitas Petani. Bandung: SPS IKIP Bandung.
Lamatenggo. 2001. Kinerja Guru; Korelasi antara Persepsi Guru terhadap Perilaku Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru SD di Gorontalo. Tesis. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Longdong, J. F. 1980. Dampak Perilaku Birokratik terhadap Kreativitas Guru-Guru SMA di Kabupaten Minahasa Kota Administratif Bitung dan Kota Madya Manado. Manado: --
Moedjiarto. 2001. Sekolah Unggul: Metodologi untuk meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Duta Graha Pustaka.
Muhamimin. 2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Nuansa.
Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Munandar, SCU. 1985. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
Organ, Dennis. 1996. Organizational Behaviour. Illinois: BPI/Irvin.
Priyadharma, T. 2001. Kreativitas dan Strategi. Jakarta: Citra Mandala Pratama
Riduwan, Metode dan Teknik…
Riduwan, 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Robbins, Stephen, 2001, Perilaku Organisasi Jilid 1 Edisi 8, Jakarta : PT Prenhallindo.
Sahertian, A. Piet. 2008, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.
Samana, 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
Santoso Suroso, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia di Rumah Sakit Suatu Pendekatan Sistem. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran ECG.
Sevilla, dkk. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Terjemahan Alinudin Tuwu. Jakarta: UI Press.
Siagian, S.P. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers.
Sternberg, R.J. 1997. Successful Inteligence: How Practical and Creative Intelligence Determine Success in Life. Kuala Lumpur: Syarikat First Agency Publishing.
Sudjana. 1992. Metoda Statistika, Edisi 5. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N, dkk. 2004. Kumpulan Materi Penlok Training of Trainers Metodologi Penelitian PTN dan PTS. Jakarta: Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dirjen Dikti Depdiknas.
Sugiyono, 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
________, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutaryadi. 1993. Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Suyanto. Guru yang Profesional dan Efektif. Harian Kompas. Jumat, 16 Febuari 2001.
Tim Redaksi Fokus Media. 2006. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.
Turang, Jan. 2002. Perencanaan Pendidikan. Tomohon: Yayasan Mapalus Matuari Minaesa.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Usman, Uzer Moh. 1999. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Whitmore, John. Coaching Performance: Seni Mengarahkan untuk Mendongkrak Kinerja. Jakarta: Gramedia. 1997.
Wongkar, B. 1983. Fungsi-Fungsi Utama dalam Proses Administrasi Kependidikan. AB. FIP IKIP Manado
Refbacks
- There are currently no refbacks.