KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD INPRES KAREGESAN
Abstract
Pada era globalisasi yang sedang berlangsung saat ini, perkembangan ilmu pengetahan semakin maju dan cepat. Peningkatan mutu pendidikan semakin dtingkatkan melalui ketrampilan mengajar guru dalam mengembangkan suatu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik khususnya pedagogik. Dalam unsur pendidikan diharuskan adanya komitmen dari seorang guru dimana seoraang pendidik itu harus memiliki kewibawaan yang datang dari dirinya sendiri dalam mencerminkan sikap dan kepribadiannya sebagai seorang guru. Oleh karena itu berhubungan dengan perubahan paradigma pendidikan yang begitu pendidikan yang begitu maju saat ini, maka seorang guru dituntut untuk dapat memiliki ketrampilan atau kemampuan untuk mengajar.
Guru adalah sosok yang rela mencurahkan sebagian besar waktunya untuk mengajar dan mendidik siswa. Guru bertugas memberikan pengajaran di dalam sekolah (kelas). Ia menyampaikan pelajaran agar murid memahami dengan baik semua pengetahuan yang telah disampaikan. Selaian itu, guru juga berusaha agar terjadi perubahan sikap, keterampilan, kebiasaan, hubungan sosial, apresiasi, dan sebagainnya melalui pengajaran yang ia berikan.
Proses kegiatan belajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan pembelajaran dapat tercapai jika adanya kerjasama antara guru dan siswa.
Kata Kunci : kreativitas guru, motivasi belajar
Abstract
In the era of globalization that is currently underway, the development of the science of pengetahan more advanced and fast. Improving the quality of education is increasingly enhanced through the teaching skills of teachers in developing a competence that must be owned by an educator, especially pedagogic. In the element of education required a commitment from a teacher where seoraang educator it must have the authority that comes from himself in reflecting his attitude and personality as a teacher. Therefore, related to the change in the paradigm of education that is so advanced education today, then a teacher is required to be able to have the skills or ability to teach.
The teacher is a figure willing to devote most of his time to teaching and educating students. The teacher is in charge of teaching in the school (classroom). He taught them the lesson so that the students would understand all the knowledge that had been conveyed. In addition, the teacher also tries to change attitudes, skills, habits, social relationships, appreciation, and so on through the teaching he gives.
The process of learning activities is a process that contains a series of actions of teachers and students on the basis of mutual relations that take place in educational situations to achieve certain goals. Learning objectives can be achieved if there is cooperation between teachers and students.
Keywords: teacher creativity, learning motivation
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Ngainun Naim, Menjadi Guru Inspiratif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).
Djamara bahri syaiful, guru dan anak didik dalam interaksi edukatif, Jakarta:2005
Daniel nuhamara,pembimbing pendidikan agama Kristen, bandung:2009
Hasbulla, dasar-dasar pendidikan, cetakan IX, Jakarta: raja grafindopersada 20011
Homrighausen E.G & I.H.Eenklaar, pendidikan Agama Kristen, CetakanXXII, Jakarta:Gunung Mulia, 2009
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2007, 151
Punaji Setyosari. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta. Prenada Media Group, 2010
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: Pustaka Setia, 1997),
Slameto, Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester, (Jakarta: Bumi Akasara, 1991),
Ahmadi dan Prasetya, Strategi Belajar Mengajar...,
Chaerudin, Media Membantu Mempertinggi Mutu Proses Pelajar, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2004),
Arif S. Sadiman, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002),
Nasution, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002),
Purwa Atmaja Prawira, Psikologi Pendidikan Dalam Prespektif Baru, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012),
Anton Moeliono, Kamus Bahasa Indonesia, (Purwa Atmaja Prawira, Psikologi Pendidikan Dalam...,
Irwanto, Psikologi Umum,( Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1997 ),
Hamzah B. Uno, teori Motivasi dan pengukirannya...,Jakarta: Balai Pustaka, 2005),
Refbacks
- There are currently no refbacks.