STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAK DIERA PANDEMI COVID-19 DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS WILAYAH KAWANGKOAN
Abstract
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan peserta didik yang saling bertukar informasi. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Namun dari pengamatan saat ini tentang pembelajaran ditengah pandemi covid-19 tidaklah efektif bagi para siswa ketika mengiku pembelajaran. Ini menimbulkan pertanyaan apa strategi pembelajaran yang tepat? Seberapa efektik strategi pembelajaran diera pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar peserta didik? Konsep pembelajaran yang tepat diera pandemi covid-19 untuk peserta didik dalam upaya mempertahankan motivasi belajar? Sehingga pendidikan yang berjalan tetap sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
ABSTRACT: Learning is a process of interaction between students and educators and learning resources in a learning environment that includes teachers and students exchanging information. In the context of education, teachers teach so that students can learn and master the content of the lesson to achieve something specified objective (cognitive aspect), can also affect changes in attitude (affective aspect), and skills (psychomotor aspect) of a student, but this teaching process gives the impression that it is only the work of one party, namely the work of the teacher. Learning is assistance provided by educators so that the process of acquiring knowledge and knowledge, mastering skills and character, and forming attitudes and beliefs can occur in students. In other words, learning is a process to help students learn well. However, from current observations about learning in the midst of the covid-19 pandemic, it is not effective for students when participating in learning. This raises the question what is the right learning strategy? How effective are learning strategies in the COVID-19 pandemic era on students' learning motivation? The right learning concept in the Covid-19 pandemic era for students in an effort to maintain learning motivation? So that the ongoing education remains in accordance with the needs of students.
Kata kunci: strategi pembelajaran, pendidikan agama kristen, pandemi covid
Full Text:
PDFReferences
• Bagong, Suyanto dan Sutinah (2006). Metodologi Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.
• Dimyati dan Mudjiono, belajar dan pembelajaran. (Jakarta: Rineka Cipta. 2009,).
• Hasan Baharun, ‘Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah’, Jurnal Pendidikan Pedagogik, (2015).
• Wayan Subagia dan I Ketut Sudiana. Materi Kuliah: Strategi Belajar Mengajar. (Singaraja: IKIP,2002)
• Homrighausen dan Enklar, Pendidikan Agama Kristen, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2004.
• Dien Sumiyatiningsih, Mengajar Dengan Kreatif Dan Menarik (Yogyakarta: Andi Offset, 2006).
• Sardiman A. M “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta: Rajawali 2009.
• Segala H. S. Kemampuan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan, Alfabeta. Bandung, 2011.
• Sardiman A. M “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta: Rajawali 2009.
• George Steiner, Strategic Planning, 1979, Free Press
• Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP, PT. Prestasi Pustakarya, Jakarta.
• Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta. 2011.
• Catharina Tri Ani. Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: Grasindo. 2006.
• Daniel Nuhamara, “Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen,” Jurnal Jaffray 16, no. 1 (2018): 93, http://doi.org/10.25278/jj71.v16i1
• http:/pakdesofa.blog2.plasa.com/archives/50. (30 Okt. 2020)
Refbacks
- There are currently no refbacks.