Hubungan Antara Nilai Personal Dengan Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Kabupaten Minahasa Selatan

Charles Petra Rembang

Abstract


Pengambilan Keputusan seorang pemimpin di dunia pendidikan adalah sangat menentukan keberhasilan pengelolan lembaga pendidikan serta untuk mencapai tujuan pendidikan, yakni mendewasakan anak didik. Nilai-nilai personal yang diyakini seorang kepala sekolah dipandang sebagai faktor sangat dominan dalam kaitannya dengan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan yang seorang kepala sekolah menggambarkan bagaimana kualitas dan efektivitas implementasi kepemimpinan seorang pemimpin sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara Nilai Personal dengan Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Minahasa Selatan. Responden terdiri dari 20 kepala Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Minahasa Selatan. Kuesioner merupakan instrumen untuk mengumpulkan data. Kajian statistik menggunakan Pearson Product Moment dengan menggunakan SPSS 20.00. Hasil perhitungan Korelasi Product Moment Pearson mengenai hubungan antara Nilai Personal Dengan Pengambilan Keputusan menghasilkan angka indeks korelasi yang positif, namun kurang kuat sebesar, 0.680. Angka indeks ini kemudian dikonsultasikan pada table harga kritik dari r Product Moment (lampiran 1), dimana harga r dalam table kritik dengan jumlah N = 20 serta derajat kepercayaan 95% adalah 0.444, maka indeks rxy hitung > dari nilai table yaitu: 0.68 < 0.444. Sedangkan jumlah sampel yang sama pada derajat kepercayaan 99% nilai r table adalah 0.561, maka indeks rxy hitung > dari nilai table yaitu: 0.680 > 0.561, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesa nol (H0) yaitu tidak ada hubungan antara nilai personal dengan pengambilan keputusan ditolak, atau dengan kata lain, bahwa nilai personal berhubungan secara positif dengan pengambilan keputusan. Sehingga penerimaan Hipotesa Alternatif (Ha) yaitu terdapat hubungan antara nilai personal dengan pengambilan keputusan. Hubungan ini bersifat positif, yakni bahwa semakin tinggi nilai personal maka semakin tinggi/kuat pula pengambilan keputusan. Dilihat dari tinggi-rendahnya hubungan, maka dipergunakan pedoman yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto (2005), dimana hasil rxy hitung dengan SPSS 20.00 adalah 0.680 berada dalam rentang 0.60 – 0.80 yang berarti antar nilai personal dan pengambilan keputusan mempunyai hubungan yang kuat/tinggi. Dengan kata lain, kontribusi nilai personal terhadap pengambilan keputusan adalah 68.0%, sisanya adalah berasal dari kontribusi dari faktor atau variabel lain, sebesar 32.0%.

Kata Kunci: Nilai Personal, Pengambilan Keputusan, Kepala Sekolah.

Full Text:

PDF

References


--------, 2007, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, (Jakarta : PT. Bina Aksara. 1983).

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian (Jakarta: Rineka Cipta. 2007).

Atkinson, dkk. Pengantar Psikologi, Jilid 2, Jakarta : Interaksara.

Benner, David G. (Editor). Baker Encyclopedia f Psychology. (Grand Rapids Michigan: Baker Book House, 1990).

Chaplin, J.P., 1981, Penerjemah: Kartono, Kartini, Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada.

Kambey, Ellen S. Pengambilan Keputusan. Sebuah Pengantar. (Manado:Yayasan Tri Ganesha Nusantara. 2007).

Luthans, Fred. Perilaku Organisasi. Terjemahan (Yokyakarta: Andi, 2009).

Latipun. 2002. Psikologi Eksperimen, Malang : Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Robbins, Stephen P. 2003, Perilaku Organisasi, Jakarta: PT Indeks Kelompok Garmedia.

Satiadarma, Monty P. 2001, Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak, Jakarta : Pustaka Populer Obor.

Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen di Era Internet. Implikasinya pada Strategi Pemasaran. (Yokyakarta: Graha Ilmu. 2013)

Sugiyono.Metodologi Penelitian Pendidikan. Penekatan Kuantitatif, Kualiansta, dan R&D (Bandung: Alfabeth. 2006).

Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen di Era Internet. Implikasinya pada Strategi Pemasaran. (Yokyakarta: Graha Ilmu. 2013).

Sutan, Airin dan Wirawan Henny E. Gambaran Nilai dan Kebutuhan Perempuan Pekerja Seks. Arkhe Jurnal Psikologi. Thn. 11/No.1/2006.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2007).

http://dian-malinda.blogspot.co.id/2011/05/teori-nilai-ii-perilaku-organisasi.html

http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2015/02/ARTIKEL-ILMIAH-Diaz-Ridho.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs toto toto togel

situs toto

togel online

toto slot

situs toto

bandar togel

toto slot

situs toto

slot88
slot88
slot88
slot777
slot gacor
slot dana
slot gacor 777
slot qris
slot qris
slot thailand
slot gacor
slot88

slot777

slot gacor

slot777

slot88

slot gacor

slot777

merahtoto

merahtoto

slot777

hijautoto

kuningtoto

game slot

kuningtoto slot

kuningtoto

link kuningtoto

birutoto

birutoto