PEMAHAMAN METODE MENGAJAR CERITA ALKITAB DENGAN NYANYIAN TERHADAP KEBERHASILAN GURU SEKOLAH MINGGU GMIM DI KOTA MANADO

Alfrets Daleno

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan : (1). Untuk memberi gambaran dan informasi bagaimana pemahaman Guru Sekolah Minggu tentang Metode Mengajar Cerita Alkitab dengan Nyanyian. (2). Untuk mengetahui pemahaman Guru Sekolah Minggu tentang keberhasilan pelayanan Guru Sekolah Minggu. (3). Untuk mengetahui bagaimana hubungan pemahaman Guru Sekolah Minggu tentang Metode Mengajar Cerita Alkitab melalui Nyanyian dengan keberhasilan pelayanan Guru Sekolah Minggu. (4). Untuk mengetahui bagaimana pemahaman Guru Sekolah Minggu tentang Metode Mengajar cerita Alkitab dengan Nyanyian terhadap keberhasilan pelayanan Guru Sekolah Minggu. Dalam Penelitian ini dilakukan beberapa tahap :Pertama, Observasi atau pengamatan berdasarkan pengalaman penulis yang juga Guru Sekolah Minggu. Kedua, wawancara dengan guru-guru sekolah minggu dan penyebaran angket sekaligus pengumpulannya sesuai dengan waktu yang ditetapkan.Ketiga Penelitian Kepustakaan (Library Reserch),  yaitu mengumpulkan semua data-data melalui buku-buku, artikel, internet serta bahan lain yang berhubungan dengan karya ilmiah ini. Berdasarkan hasil analisis maka  disimpulkan sebagai berikut :  Pertama Guru Sekolah Minggu sangat memahami betapa pentingnya Metode Mengajar Cerita Alkitab dengan Nyanyian dan hasil analisa data  dapat diketahui bahwa Guru Sekolah Minggu di Kota manado berhasil dalam pelayanan berdasarkan Metode Mengajar Cerita Alkitab dengan Nyanyian. Di mana hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil angket .nilai rata-rata hasil angket Guru Sekolah Minggu Yang Berhasil adalah 3,59  dikategorikan “Sangat Baik”. Kedua, Metode Mengajar Cerita Alkitab dengan Nyanyian yang digunakan untuk keberhasilan pelayanan Guru Sekolah Mingu di Kota Mando.Dimana hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil angket Guru Sekolah Minggu. Nilai rata-rata hasil angket Guru Sekolah Minggu adalah 3,50 di kategorikan “Sangat Baik”. Ketiga, dapat di ketahui Guru Sekolah Minggu di Kota Manado memiliki berbagai upaya untuk mengembangkan keberhasilan dalam pelayanan.Dimana hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil angket Guru Sekolah Minggu. Nilai rata-rata hasil angket Guru Sekolah Minggu adalah 3,36 dikategorikan “Sangat Baik”. Berdasarkan Kesimpulan di atas maka dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut : Pertama, bagi Guru Sekolah Minggu agar menyadari pentingnya Metode Mengajar Cerita Alkitab Dengan Nyanyian. Kedua, bagi Guru Sekolah Minggu harus terus termotifasi dengan Metode Mengajar Cerita Alkitab dengan Nyanyian untuk kemajuan pelayanan bagi Anak Sekolah Minggu.Ketiga, bagi akademisii atau peneliti kiranya dapat menjadikan topik Pemahaman Metode Mengajar Cerita Alkitab dengan Nyanyian bagi Keberhasilan Guru Sekolah Minggu sebagai masalah yang hendak diteliti. Hal ini sangat penting demi meningkatkan keberhasilan pelayanan dari Guru Sekolah Minggu bagi Anak Sekolah Minggu dan sebagai output dari kegiatan belajar dan mengajar di Sekolah Minggu.

Kata Kunci: Metode mengajar Alkitab, Nyanyian, Keberhasilan Guru Sekolah Minggu

                                                               Abstract

This study aims: (1). To provide an overview and information on how Sunday School Teachers understand the Method of Teaching Bible Stories by Song. (2). To find out the understanding of Sunday School Teachers about the success of Sunday School Teachers' ministry. (3). To find out how the Sunday School Teachers 'understanding of the Bible Story Teaching Method through Song relates to the success of the Sunday School Teachers' ministry. (4). To find out how the Sunday School Teachers 'understanding of the Method of Teaching Bible Stories by Song of the Sunday School Teachers' success. In this study, several stages were carried out: First, observation or observation based on the experience of the author who is also a Sunday School Teacher. Second, interviews with Sunday school teachers and distributing questionnaires as well as collecting them according to the time specified. Thirdly, the Library Research, which collect all data through books, articles, the internet and other materials related to this scientific work.  Based on the results of the analysis, it is concluded as follows: First, Sunday School Teachers really understand how important the Method of Teaching Bible Stories by Singing and the results of data analysis, it can be seen that Sunday School Teachers in Manado City are successful in serving the Bible Story Teaching Method with Song Where this can be seen from the average value of the questionnaire results. The average score for the results of the questionnaire for Sunday School Teachers Who Succeeded was 3.59 categorized as "Very Good". Second, the Method of Teaching Bible Stories with Song is used for the success of the ministry of Mingu School Teachers in the City of Mando, where this can be seen from the average score of the Sunday School Teachers' questionnaire. The average score of the Sunday School Teachers' questionnaire was 3.50 in the “Very Good” category. Third, it can be seen that Sunday School Teachers in Manado City have various efforts to develop success in service. This can be seen from the average score of the Sunday School Teacher questionnaire results. The average score of the Sunday School teacher questionnaire was 3.36 in the category of "Very Good". Based on the above conclusions, several suggestions can be made as follows: First, for Sunday School teachers to realize the importance of the Method of Teaching Bible Stories with Song. Second, for Sunday School Teachers, they must continue to be motivated by the Method of Teaching Bible Stories with Songs for the advancement of the ministry for Sunday School Children. Third, academics or researchers may make the topic of Understanding the Method of Teaching Bible Stories with Singing for the Success of Sunday School Teachers as a matter to be. researched. This is very important in order to increase the success of the ministry of Sunday School Teachers for Sunday School Children and as the output of teaching and learning activities in Sunday Schools.                                       

Keywords: Bible teaching methods, singing, Sunday school teacher success

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs toto toto togel

situs toto

togel online

toto slot

situs toto

bandar togel

toto slot

situs toto

slot88
slot88
slot88
slot777
slot gacor
slot dana
slot gacor 777
slot qris
slot qris
slot thailand
slot gacor
slot88

slot777

slot gacor

slot777

slot88

slot gacor

slot777

merahtoto

merahtoto

slot777

hijautoto

kuningtoto

game slot

kuningtoto slot

kuningtoto

link kuningtoto

birutoto

birutoto