KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERPENGARUH PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD GMIM II MADIDIR URE KOTA BITUNG

Danny Jonatan Turangan

Abstract


           Seorang guru Pendidikan Agama Kristen, tidak hanya mengajarkan dan mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi yang terutama adalah mentransfer nilai-nilai dalam rangka pembentukan sikap termasuk sikap empati kepada orang lain. Oleh sebab itu sosok  seorang guru adalah pribadi yang bisa dijadikan panutan, teladan dan contoh bagi anak didik. Itulah sebabnya seorang guru harus memiliki kualitas kompetensi profesionalisme guru dan kompetensi pedagogic,  sebagai pembawa informasi dalam komunikasi intra personal.

           Untuk menjadi seorang guru Pendidikan Agama Kristen, harus benar-benar memiliki keahlian dibidangnya. Profesionalisme atau tingkah laku, mutu, kualitas dari seorang yang professional harus dimiliki oleh guru Pendidikan Agama Kristen. Jadi sebagai guru Pendidikan Agama Kristen haruslah mampu professional dalam pengajaran dikelas, termasuk disiplin dalam hal waktu, memiliki kepribadian yang dewasa dan arif dengan siswanya, bahkan dengan semua orang dimana ia sebagai panutan yang mencerminkan kehidupan Kristus. Di dalam dirinya.

Berdasarkan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif ternyata terdapat beberapa guru yang belum mengajar secara professional di kelas, sehingga memberi dampak bagi siswa, yaitu tidak memiliki minat untuk belajar karena tidak atau kurang menyenangi guru yang mengajar.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada juga sebagian guru Pendidikan Agama Kristen yang memiliki kompetensi dan profesionalisme dalam mengajar di kelas, tetapi ada juga beberapa guru Pendidikan Agama Kristen yang tidak memiliki kompetensi profesionalisme dalam mengajar dikelas. Dampak yang timbul dari keadaan guru yang tidak memiliki kompetensi profesionalisme dalam mengajar dikelas, adalah siswa-siswa yang kurang menyenangi mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Sebaliknya bagi guru Pendidikan Agama Kristen yang memiliki kompetensi profesionalisme dalam mengajar dikelas, memberi dampak kepada siswa-siswa, yaitu menyenangi mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Itulah sebabnya di perlukan kompetensi pedagogik, agar bisa memahami kondisi siswa, sehingga dapat merancang metode pembelajaran yang disenangi siswa.

          Kesimpulan dari hasil penelitian ini, membuktikan bahwa guru Pendidikan Agama Kristen yang memiliki kompetensi pedagogik dalam mengajat dikelas, berdampak pada minat belajar siswa akan mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dengan demikian, maka mudah mentransfer nilai-nilai dalam rangka pembentukan karakter siswa

 

Kata kunci: Kompetensi Pedagogik Guru  , meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. 


Full Text:

PDF

References


Adiningsih, Kualitas dan Profesionalisasi Guru Pikiran Rakyat (http://www.pikirianrakyat.com, oktober 2002).

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.

Cici Wijaya dan A. Tabrani Rusyan, Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999.

D. Mulyasa, StandardKompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.

Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Jakarta: Com. Akt, 2006.

Geist, JR, Predictors of Faculty Trust in Elementary Schools: Enabling Bureaucracy, Teacher Professionalism, and Academic Press. Disertation of The ohio State University (http://www.osu.edu.com, 2006).

Guthrie dan Reed, Jurnal Ilmu Pendidikan, Tahun 27 no.2 Juli 2000.

Hadari Nawawi, organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai lembaga Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, 1982.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research Jilid I, Yogyakarta: Andi offset, 1991.

Imron R, Studi Korelasi Antara Prestasi Belajar Dengan Kenakalan Remaja pada MTs Miftahul Ulun Ngingit Tumpang Malang, Skripsi UIN Malang 2006.

KBBI, Jakarta: Balai Pustaka, 2006.

Kartini Kartono, Patologi Sosial 2, Jakarta: PT Grafindo Persada, 1986.

Kasiram, Arif Furqon, Jurnal Ulu Albab, Vol.5 nomor 1, 2004.

Koentjoro, Pengaruh Achievement Motivation Training dan Jenis Kegiatan Mahasiswa terhadap Peningkatan Indeks Prestasi Mahasiswa, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1990.

Maimun Agus. H, Nilai dan PendidikanNilai di Sekolah, Urlul Albab, Malang: Vol 5. Nomor 1, 2004.

Malubin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Mulyadi, Pengantar Psikologi Belajar, Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 1990.

M. Nalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Karya, 1989.

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya offset, 1998.

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Sinar Baru Algesindo, 1989.

Nana Sudjana, Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: PT. Sinar Baru, 1986.

Oemar Hamalik, Pendidikan Guru, Konsep dan Strategi, Bandung: Mandar Maju, 1991.

Rahayu Iin Tri, Observasi dan Wawancara, Malang: Bayu Media, 2004.

Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press, 2005.

Nasution. S, Dedaktik Asa-Asa Mengajar, Jakarta: Jemmers, 1986.

Slamento, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Reka Cipta, 2003.

Siregar Sofian, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2008.

Sudarwan Danim, Agenda Pembajaruan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Sukamdinata, Hubungan Antara Pengasuh Islami dengan Self Regulated learning, Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar, Yogyakarta: UGM Tesis tidak diterbitkan.

Syaiful Bakri Djamalah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional, 1994.

Tarsito, Metodologi Pengajaran Ilmiah, Bandung: Tarsito, 1986.

Wasty Soemarto, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara, 1987.

Winarno Surakhmat, Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran, Bandung: PT. Sinar Baru, 1982.

PERATURAN PEMERINTAH

Undang-Undang RI nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Bandung: Citra Umbara, 2005.

Undang-Undang RI nomor 2 Tahun 1989, Tentang UUSPN, 1989.

Peraturan Pemerintah Nomor: 19Tahun 2005, Tentang Standar NMasional Pendidikan, Bandung: Citra Umbara, 2005.

WEBSITE

www.libunmalang/thesisnurlailahidayat.com

www.akhmadsudrajatblogspot.com

www.libunmalang/kompetensipedagogik.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs toto toto togel

situs toto

togel online

toto slot

situs toto

bandar togel

toto slot

situs toto

slot88
slot88
slot88
slot777
slot gacor
slot dana
slot gacor 777
slot qris
slot qris
slot thailand
slot gacor
slot88

slot777

slot gacor

slot777

slot88

slot gacor

slot777

merahtoto

merahtoto

slot777

hijautoto

kuningtoto

game slot

kuningtoto slot

kuningtoto

link kuningtoto

birutoto

birutoto