IMPLEMENTASI METODE KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN DI SD INPRES SILIAN
Abstract
Karya ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penerapan metode pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) dalam pembelajaran di SD Inpres Silian. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun pengumpulan data melalui Studi Pustaka, Field Research, dan Wawancara. Penerapan metode pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) dalam pembelajaran di SD yaitu pertama, Melakukan Tindakan yang bermakna, Kedua, Melakukan kegiatan-kegiatan yang signifikan, Ketiga, Belajar yang diatur sendiri, keempat Bekerja sama, Kelima Berpikir kritis dan kreatif, Keenam Mengasuh atau memelihara pribadi siswa, ketujuh Mencapai standar yang tinggi.
Kata kunci: Metode Kontekstual, Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1995)
Elmubarok Zaim Membumikan Pendidikan Nilai. (Bandung: Alfabeta, 2008)
http://www.sekolahdasar.net/2011/06/pengertian-pembelajaran-kontekstual-dan.html#ixzz49NwI8W1W
Id. Wilikipedia.org.wiki.taksonomibloom
Martin Sardy, Mencari identitas Pendidikan, (Bandung: Alumni, 1981)
Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran. Scripta Cendekia. (Banjarmasin: 2012)
Syarifuddin dan Irwan Nasution. Manajemen Pembelajaran (Jakarta: Quantum Teaching, 2005)
Kunandar. Guru Profesional Implementasi KTSP (Jakarta: Rajawali Pers, 2009)
Kasan Tholib. Dasar-Dasar Pendidikan. (Jakarta: Studia Press,2009)
Sanjaya Wina Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana, 2006)
Sardiman A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Pers, 2010)
Soetjipto dan Raflis Kosasi. Profesi Keguruan (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Wijonarko Jarot. Anak Cerdas Ceria Berakhlak (Banten: PT. Happy Holy Kids, 2008)
winkel, Psikologi Pengajaran, (Jakarta: Gramedia, 1989)
Refbacks
- There are currently no refbacks.