HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 MOTOLING

Yessy Kenny Jacob

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah bagaimana  hubungan antara metode pembelajaran diskusi dengan motivasi belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Agama di SMA Negeri 1 Motoling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan yaitu 30 siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Motoling yang merupakan perwakilan dari Kelas X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3. Instrumen dan teknik pengumpulan data  yang digunakan adalah  kuesioner dan dokumentasi dengan teknlik analisi data yang digunakan adalah uji validalitas Product Moment dan reabilitas Cronbach Alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara metode pembelajaran diskusi dengan motivasi belajar siswa hal ini dibuktikan dengan diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,589 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 58,9 % dan sisanya sebesar 41,1 % dipengaruhi atau ditentukan oleh faktor lain.

 

Kata Kunci :  Motode Pembelajaran Diskusi,  Motivasi Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, dkk.2010. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Damyati dan Mudjono, 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hardianti, 2016. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkotaan SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Makassar: Skripsi. FIS. UNM

Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Manita, Haura. 2014. Keefektifan penerapan Sistem Kearsipan Pada Kantor Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Majene. Skripsi.FIS.UNM.

Nurhayati, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Peneerbit UNM.

Nurhidayah, 2016. Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Social Universitas Negeri Makassar. Makassar: Skripsi.FIS.UNM

Pangewa, Maharuddin, 2010. Perencanaan Pembelajaran, Makassar: Penerbit UNM.

Sanjaya, Wina 2006. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta Barat: PT.Indeks.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabet.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Kelimuan. Jakarta: Erlangga.

Thobroni, 2015. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Uno, 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wukir, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta : Multi Presindo.

Gujarati, D.N., 2012, Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C., Salemba Empat, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs toto toto togel

situs toto

togel online

toto slot

situs toto

bandar togel

toto slot

situs toto

slot88
slot88
slot88
slot777
slot gacor
slot dana
slot gacor 777
slot qris
slot qris
slot thailand
slot gacor
slot88

slot777

slot gacor

slot777

slot88

slot gacor

slot777

merahtoto

merahtoto

slot777

hijautoto

kuningtoto

game slot

kuningtoto slot

kuningtoto

link kuningtoto

birutoto

birutoto