HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 MOTOLING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara metode pembelajaran diskusi dengan motivasi belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Agama di SMA Negeri 1 Motoling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan yaitu 30 siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Motoling yang merupakan perwakilan dari Kelas X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi dengan teknlik analisi data yang digunakan adalah uji validalitas Product Moment dan reabilitas Cronbach Alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara metode pembelajaran diskusi dengan motivasi belajar siswa hal ini dibuktikan dengan diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,589 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 58,9 % dan sisanya sebesar 41,1 % dipengaruhi atau ditentukan oleh faktor lain.
Kata Kunci : Motode Pembelajaran Diskusi, Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alma, dkk.2010. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Damyati dan Mudjono, 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Hardianti, 2016. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkotaan SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Makassar: Skripsi. FIS. UNM
Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Manita, Haura. 2014. Keefektifan penerapan Sistem Kearsipan Pada Kantor Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Majene. Skripsi.FIS.UNM.
Nurhayati, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Peneerbit UNM.
Nurhidayah, 2016. Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Social Universitas Negeri Makassar. Makassar: Skripsi.FIS.UNM
Pangewa, Maharuddin, 2010. Perencanaan Pembelajaran, Makassar: Penerbit UNM.
Sanjaya, Wina 2006. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slavin. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta Barat: PT.Indeks.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabet.
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Kelimuan. Jakarta: Erlangga.
Thobroni, 2015. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Uno, 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wukir, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta : Multi Presindo.
Gujarati, D.N., 2012, Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C., Salemba Empat, Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.