EFEKTIVITAS PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU YANG MENYIMPANG REMAJA DI WILAYAH PELAYANAN GMIM BITUNG DELAPAN
Abstract
Anak merupakam generasi penerus bangsa yang memiliki peran strategis,dengan sifat-sifat khusus yang akan menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa yang akan datang .Oleh karena itu potensi anak dimasa remaja perlu dikembangkan semaksimal mungkin. Cara mengembangkan potensi anak remaja salah satunya melalui program pemerintah tentang generasi berencana (GenRe) adalah suatu program untuk memfasilitasi terwujudnya Tegar Remaja, Tegar remaja adalah Remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari resiko seksualitas, NAPSA, HIV dan AIDS.
Ada pun tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh psikologi anak remaja yang melakukan perilaku yang menyimpang seperti : seksualitas diusia dini, pengaruh NAPSA ( Narkotika, Alkohol, psikotropika, zat aditktif lainnya) dan menganalisis peran orang tua dalam meningkatkan pengawasan terhadap anak, serta menganalisis efektivitas serta peran pastoral konseling lewat wadah PIK-R terhadap perilaku menyimpang dari anak remaja.
Dalam mencapai sasaran yang objektif model penelitian yang dipilh oleh penulis ialah kualitatif dengan mendeskriptifkan sedapat mungkin gejalah-gejalah yang ada dan yang menjadi tujuan utama dalam metode ini adalah menggambarkan keadaan yang sementara berjalan untuk kemudian dilakukan penelitian dengan memusatkan diri pada pemecahan masalah-masalah yang ada pada masa sekarang dan pada masalah-masalah yang aktual. Data yang dikumpulkan mula-mula disusun, dijelaskan dan kemudian dianalisis. Metode kualitatif berakar pada latar alamiah sebagai keutuhan, mengandalkan manusia sebagai alat penelitian, memanfaatkan metode kualitatif, mengadakan analisis data secara induktif, mengarahkan sasaran penelitiannya pada usaha menemukan teori-teori dasar dan bersifat deskriptif.
Dari hasil penelitian yang di peroleh bahwa sebagian besar anak remaja yang mengalami perilaku menyimpang seperti melakukan seksualitas diusia dini dan pengaruh NAPSA ( Narkotika,Alkohol, Psikotropika, zat adiktif lainnya ) sangat mempengaruhi psikolagi Anak Remaja yang membuat mereka tidak mau lagi melanjutkan sekolah, moral mereka semakin rusak, tidak memiliki rasa hormat kepada orang tua yang diakibatkan karena kurangnya peran orang tua dalam hal pengawasan untuk pergaulan anak di masa remaja. Sehingga kecendrungan anak mencari tempat yang salah seperti berkumpul dengan teman-teman sebayanya yang juga sudah memiliki perilaku menyimpang yang pengaruh mereka sangat dominan untuk pertumbuhan dan perkembangan psikologi dari anak remaja tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Alkitab Penuntun, ( Malang: Gamdum Mas dan LAI, 2000 )
Abidin MPM dkk, Badai Remaja, Jakarta: Kosong , 2014
Atmasasmita, Romli, Problem Kenakalan Anak-anak Remaja Bandung : Armiko, 1993.
Abdullah, Taufik, ,Ensiklopedi Tematis Dunia Islam: Pemikiran dan Peradaban, penerbit Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, 2002
BKKBN, Materi Pelayanan Informasi Konsultasi dan Konseling Jakarta: Badan Kependudukan dan KB, 2014
Charles F.Boyd, dkk. Menyikapi Perilaku Anak sesuai dengan Karakternya, Yayasan kalam Hidup, Bandung, 2006.
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2009
Desmita,Psikologi Perkembangan, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2007
Dhori, dkk. Sosiologi. Yudistira, Jakarta, 2003.
Daradjat, Zakiyah. Membina Nilai-nilai Moral. Bulan Bintang, Jakarta 1978.
Eitzen, Stanlen D, Social Problems, Allyn and Bacon inc, Boston, Sydney, Toronto, 1986
GMIM, Tata Gereja GMIM 2016, Tomohon : BPMS, 2016
Hurlock, Psikologi Perkembangan “Remaja” Jakarta: BPK Gunung Mulia,1992
Hurlock, E,B. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta, Erlangga, 1991
Jhon W.Santrock, Perkembangan Anak, jilid 1 edisi ke 11, Jakarta : PT.Erlangga, 2007
Koejaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Gramedia, Jakarta, 1985
Kartini Kartono, Pemimpin dan Kepemimpinan. PT. Raja Grafindo Perkasa. Jakarta, 2010
Kaufman, James, M, Characteristics of Behaviour Disorders of Children and Youth,Merril Publishing Company, Columbus, London, Toronto.1989
Mappiare, Andi. Psikologi Remaja, Surabaya: Usaha Nasional, 1982
Monks F.J dkk: Psikologi perkembangan Pengantar dalam berbagai bagiannya Jogjakarta: Gajah Mada University Press,1989
Maleong L.J Metode Penelitian Kualitatif, Remadja Karya Bandung, 1989.
Masyuri dan Zainudin, Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif, Jakarta, 2009
Narwako. Dwi. J. Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan. Kencana, Jakarta, 2007
Nasir Moh. Metode Penelitian, Balai Aksara, Jakarta, 1988
Panut Panuju dan Ida Umami, Psikologi Remaja, Jogjakarta: Tiara Wacana Yogya, 2005
Renungan Perspektif, Mendidik Anak, 9 Desember 2019.
Schultz, Theories of personality, Pasific Grove,Brooks/Cole Publishing Company, 1994
Sarjono, Soekanto,. Remaja dan Masalah-masalahnya. Yogyakarta: Kanisius, 1987
Sri Rumini,Sri dan Siti Sundari., Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta :PT Rineka Cipta, 2014.
Sarlito Wirawan Sarwono,Psikologi Remaja, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007
Subagyo Joko, Metode Penelitian Teori dan Praktek, Rineka Cipta Jakarta, 1997
Syamsu Yusuf LN, Psikologis Perkembangan Anak dan Remaja, PT. Remaja Rosda,Jakarta, 2001
Surahman Winarno, Dasar dan Teknik Research, Remadja Karya, Bandung, 1989
S. Nasution, Metode Penelitian Kualitatif, Tarsito, Bandung, 1996.
Surachmad Winarno, Pengantar Penelitian-penelitian Ilmiah, Dasar Metode dan Teknik, Tarsito, Bandung : 1982.
Program Pendidikan Konseling Pastoral ke-V, Pusat pendidikan UKSW, Salatiga & Yogyakarta, 1990
Willis. S, Patologi Sosial 2 dan Kenakalan Remaja Jakarta : Rajawali, 1986
Winarno Surakhmad. Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars, 1980
Refbacks
- There are currently no refbacks.