MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN YESUS MENURUT INJIL MATIUS DAN IMPLEMENTASINYA BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI MASA PANDEMI

Vicky BGD Paat, Maywan Sinaga, Nancy P Sinaga

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana model dan metode guru pendidikan Agama Kristen dalam mengajar di masa pandemi. Salah satu permasalahan  dalam mengajar peserta didik  di masa pandemi adalah masih ditemukannya   siswa yang tidak memililiki fasilitas seperti Handphone, kuota dan jaringan  internet, yang disebabkan oleh minimnya penghasilan orang tua, sehingga tidak mampu untuk memfasilitasi anaknya dalam pembelajaran. Selain dari itu    masih banyak juga guru yang belum menguasai teknologi. Masalah demikian terjadi dengan  siswa dan guru yang hidup di desa. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dibutuhkan metode mengajar untuk mendorong peserta didik untuk belajar secara efektif dan efisien dimasa pandemi yang terjadi saat ini. Model dan Metode pengajaran Yesus dalam Kitab Matius diharapkan akan mampu untuk menjawab permasalahan yang sedang terjadi, sehingga peserta didik dapat mengembangkan kognitif,  karakter dan kerohanian yang tetap mengarah dan berfokus serta meneladani Yesus Kristus sebagai Sang Guru Agung.

 

Kata Kunci: Model, Metode, Guru, Pendidikan Agama Kristen, Pandemi

 AbstractThe purpose of writing this article is to find out how the models and methods of Christian education teachers in teaching during the pandemic. One of the problems in teaching students during the pandemic is that there are still students who do not have facilities such as cellphones, quotas and internet networks, which are caused by the lack of parental income, so they are unable to facilitate their children in learning. Apart from that, there are still many teachers who have not mastered technology. Such problems occur with students and teachers who live in villages. With these problems, teaching methods are needed to encourage students to learn effectively and efficiently during the current pandemic. The model and method of teaching Jesus in the Book of Matthew is expected to be able to answer the problems that are currently happening, so that students can develop cognitive, character and spirituality that remain focused and focused and imitate Jesus Christ as the Great Teacher. Keywords: Model, Method, Teacher, Christian Education, Pandemic

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, and Paulus Purwoto. “Model Dan Metode Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.

Bermisi, Sebagai Pusat, Candra Gunawan Marisi, Didimus Sutanto, Ardianto Lahagu, Dionius Bismoko Mahamboro, and Anis Banne. “23-68-1-Pb.” Konfrensi Keluarga Kristen - The Great Commission 25, no. Juni (2018): 75–92. https://www.e-journal.usd.ac.id/index.php/job/article/view/1102.

Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, and Ruth Judica Siahaan. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 1–22.

Injil, Kitab-kitab, Dalam Pasal, Perjanjian Baru, and Perjanjian Baru. “Yesus Dan Kitab-Kitab Injil” (n.d.).

Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Guru Kelas.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 36–46. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/12.

Nuh, Semion, I Putu Ayub Darmawan, and Edi Sujoko. “Implementasi Pak Konteks Gereja Di Gkii Tandang, Semarang.” Pengarah: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 1 (2019): 59–70.

Rifai. “Pendidikan Kristen Dalam Membangun Karakter Remaja Di Sekolah Menengah.” Antusias-Jurnal Teologi dan Pelayanan 2, no. 2 (2012): 1–17.

Rifai, Rifai. “Refleksi Teologis Terhadap Tingkat Stress Guru Selama Pandemi Covid-19.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 5, no. 2 (2021): 396–407.

Sinlae, Ronald Yohanes. “Kompetensi Pedagogik Tuhan Yesus Dalam Injil Matius Pasal 5-7.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 3, no. 2 (2019): 35–55.

Sunarko, Andreas Sese. “Implikasi Keteladanan Yesus Sebagai Pengajar Bagi Pendidikan Kristen Yang Efektif Di Masa Kini.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. September (2020): 121.

Yusuf Siregar, Muhammad, and Suharian Amiril Akbar. “Metode Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Selama Masa Pandemi COVID-19.” At- Tarbawi 12, no. 2 (2020): 180–188.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs toto toto togel

situs toto

togel online

toto slot

situs toto

bandar togel

toto slot

situs toto

slot88
slot88
slot88
slot777
slot gacor
slot dana
slot gacor 777
slot qris
slot qris
slot thailand
slot gacor
slot88

slot777

slot gacor

slot777

slot88

slot gacor

slot777

merahtoto

merahtoto

slot777

hijautoto

kuningtoto

game slot

kuningtoto slot

kuningtoto

link kuningtoto

birutoto

birutoto