Pengaruh persepsi siswa mengenai komitmen guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Agama Kristen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling.
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Persepsi siswa mengenai komiten guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Agama Kristen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling yang berjumlah 196 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling sebanyak 100 siswa kemudian cara pengambilan dengan proportionate stratified random sampling (Riduwan, 2011). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan arsip data. Angket tentang Persepsi Siswa mengenai Komitmen Guru dan Motivasi Belajar Siswa diberikan kepada siswa untuk mendapat data untuk variabel bebas X1 dan X2. Angket diambil dari beberapa sumber kemudian dimodifikasi seperlunya (angket terlampir). Sehingga angket tersebut perlu diuji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Sedangkan untuk variabel Y adalah arsip data hasil ujian semester ganjil Agama Kristen tahun ajaran 2020/2021
Kata Kunci : Komitmen Guru, Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alma, dkk.2010. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Damyati dan Mudjono, 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Manita, Haura. 2014. Keefektifan penerapan Sistem Kearsipan Pada Kantor Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Majene. Skripsi.FIS.UNM.
Nurhayati, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Peneerbit UNM.
Pangewa, Maharuddin, 2010. Perencanaan Pembelajaran, Makassar: Penerbit UNM.
Sanjaya, Wina 2006. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slavin. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta Barat: PT.Indeks.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabet.
Refbacks
- There are currently no refbacks.