Pengaruh persepsi siswa mengenai komitmen guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Agama Kristen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling.

Yessy Kenny Jacob

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Persepsi siswa mengenai komiten guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Agama Kristen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling yang berjumlah 196 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling sebanyak 100 siswa kemudian cara pengambilan dengan proportionate stratified random sampling (Riduwan, 2011). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan arsip data. Angket tentang Persepsi Siswa mengenai Komitmen Guru dan Motivasi Belajar Siswa diberikan kepada siswa untuk mendapat data untuk variabel bebas X1 dan X2. Angket  diambil dari beberapa sumber kemudian dimodifikasi seperlunya (angket terlampir). Sehingga angket tersebut perlu diuji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Sedangkan untuk variabel Y adalah arsip data hasil ujian semester ganjil Agama Kristen tahun ajaran 2020/2021

Kata Kunci : Komitmen Guru, Motivasi Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, dkk.2010. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Damyati dan Mudjono, 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Manita, Haura. 2014. Keefektifan penerapan Sistem Kearsipan Pada Kantor Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Majene. Skripsi.FIS.UNM.

Nurhayati, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Peneerbit UNM.

Pangewa, Maharuddin, 2010. Perencanaan Pembelajaran, Makassar: Penerbit UNM.

Sanjaya, Wina 2006. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta Barat: PT.Indeks.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabet.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs toto toto togel

situs toto

togel online

toto slot

situs toto

bandar togel

toto slot

situs toto

slot88
slot88
slot88
slot777
slot gacor
slot dana
slot gacor 777
slot qris
slot qris
slot thailand
slot gacor
slot88

slot777

slot gacor

slot777

slot88

slot gacor

slot777

merahtoto

merahtoto

slot777

hijautoto

kuningtoto

game slot

kuningtoto slot

kuningtoto

link kuningtoto

birutoto

birutoto