BERMISI MELALUI PENDIDIKAN KRISTEN MENURUT ULANGAN 6:6–9 PADA TINGKAT SEKOLAH MENEGAH PERTAMA PADA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS
Abstract
Menyikapi situasi dan kondisi pembelajaran saat ini terlebih khusus pada pendidikan menengah pertama, maka misi pendidikan tentunya diarahkan pada layanan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Pencapaian tujuan Pendidikan Agama Kristen tentunya membutuhkan berbagai strategi, model, dan metode pembelajaran. Tentu saja, praktik pembelajaran menyesuaikan dengan situasi saat ini, yaitu masa pandemi COVID-19. Informasi terkini pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 diatur dengan keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2021, tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-l9) dilakukan dengan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep misi melalui Ulangan 6:6-9 pada masa PTM terbatas melalui Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini adalah penjelasan tentang konsep misi melalui Pendidikan Kristen dalam Ulangan 6:6-9 dan konsep Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Menengah Pertama pada masa pembelajaran tatap muka terbatas.
Kata Kunci: Misi, Pendidikan, Kristen, Pembelajaran
Abstrac
Responding to the current learning situation and conditions first in junior secondary education, the educational mission is of course directed at student services in Christian Religious Education subjects. Achieving the goals of Christian Religious Education certainly requires various strategies, models, and learning methods. Of course, learning practices adapt to the current situation, namely the COVID-19 pandemic. The latest information on implementation during the COVID-19 pandemic is regulated by a joint decision of the Minister of Education and Culture, Minister of Health, and Minister of Home Affairs of the Republic of Indonesia in 2021, regarding Guidelines for the Implementation of Learning in the Corona Virus Disease 2019 (Covid-l9) Pandemic Period, carried out by face-to-face learning limited advance (PTM). The purpose of this study was to explain the concept of mission through Deuteronomy 6: 6-9 during the limited PTM period through Christian Religious Education in Junior High Schools. This study uses a qualitative method. The results of this study are an explanation of the concept of mission through Christian Education in Deuteronomy 6: 6-9 and the concept of Christian Religious Education in Junior High School during the limited face-to-face learning period.
Keywords: Mission, Education, Christianity, Learning
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Artanto, Widi. Menjadi Gereja yang Misioner. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Bosch, David J. Transformasi Misi Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005.
De Kuiper, Arie. Missiologia: Ilmu Pekabaran Injil. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. 2016.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Buku Guru Pendidikan Agama, 2015
Kristen dan Budi Pekerti SMP Kelas VII, Cetakan ke 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Puskurbuk, Kemdikbud, 2014.
Kirk, Andrew J. Apa itu Misi?, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.
Moleong, Lexi J, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK. Cetakan ke 2. Bandung: Jurnal Info Media, 2009.
Oci, Markus. Implikasi Misiologi Dalam Pengembangan Kurikulum Agama Kristen di Gereja Lokal, Fidei. Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika. 02 (01). Karanganyar: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu, 2019.
P. I. Ilat, & D. R. N. Lumi, Pembentukkan Karakter Remaja Kristen Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PAK di SMP Kristen Eben Haezar 2 Manado. Jurnal Didaskalia Prodi PAK. 01 (02). Minahasa: Institut Agama Kristen Negeri Manado, 2020.
Satori, D. & Komariah, A. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sukmadinata, Nana S. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Woga, Edmund. Dasar-Dasar Misiologi. Yogyakarta: Kanisius, 2008
Refbacks
- There are currently no refbacks.