PENGARUH KOMITMEN DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR DI SD NEGERI I BIONTONG, BOLAANG MONGONDOW
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komitmen dan kinerja Guru terhadap hasil belajar di SD negeri I Biontong, Bolaang Mongondow. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5% dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang kurang antara Komitmen Guru terhadap hasil belajar (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kinerja guru terhadap hasil belajar (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Komitmen dan Kinerja guru terhadap hasil belajar (4) Nilai kontribusi variabel Komitmen guru terhadap hasil belajar 17%; kemudian variabel Kinerja guru terhadap hasil belajar sebesar 81,% Dan Pengaruh Komitmen dan Kinerja guru terhadap hasil belajar di Sekolah Dasar sebesar 76%.
Kata kunci: Komitmen Guru, Kinerja guru, Hasil belajar peserta didik
Abstract
This study aims to determine the effect of teacher commitment and performance on learning outcomes at SD Negeri I Biontong, Bolaang Mongondow. The data analysis technique used is product moment correlation analysis with a significance level of 5% and multiple regression analysis. The results of the study indicate that: (1) There is a lack of influence between teacher commitment to learning outcomes (2) There is a positive and significant influence between teacher performance on learning outcomes (3) There is a positive and significant influence between teacher commitment and performance on learning outcomes (4) The value of the contribution of the teacher's commitment to learning outcomes is 17%; Then the variable teacher performance on learning outcomes is 81,% and the influence of teacher commitment and performance on learning outcomes in elementary schools is 76%.
Keywords: teacher commitment, teacher performance, student learning outcomes
Full Text:
PDFReferences
Tholib Kasan. Dasar-Dasar Pendidikan. (Jakarta: Studia Press,2009), hal.7.
Martin Sardy, Mencari identitas Pendidikan, (Bandung: Alumni, 1981), hlm 60
Kuesioner penelitian skala Likert, http://tesisdisertasi.blogspot.co.id/
Instrumen Penelitian, http:// www.scrib.com
Kuesioner penelitian Likert, http://tesisdisertasi.blogspot.co.id
Sahertian, Profil Pendidik Profesional, (Yogyakarta : Andi Offset, 1994) hal. 44
Amiruddin , “Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi
Hasan Alwi, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta: Balai Pustaka) hal. 58
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1995), hal. 330.
Refbacks
- There are currently no refbacks.